EGI Kemdikbud
    

Sosialisasi Tanggap Bencana SDN 4 Selogiri


Sabtu 27 Januari 2018 PMI bersama Komunitas Kebumen mengajar mengadakan agenda kegiatan di SDN 4 Selogiri Karanggayam Kebumen. 

“Gempa-gempa...!!!” sontak teriakan siswa siswi SDN 4 Selogiri, mereka bergegas lari tunggang langgang keluar kelas agar selamat dari kemungkinan ruang kelas yang ambruk. Kejadian gempa ini terjadi tepat hari Sabtu, 27 Januari 2018 pukul 11.11 waktu Indonesia barat.  Gempa dahsyat terjadi pada saat mereka sedang melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Tidak ada korban dalam kejadian ini.

 
Ternyata mereka sedang mempraktekan evakuasi dini penanganan gempa yang di sosialisasikan oleh kakak-kakak relawan Komunitas Kebumen Mengajar bersama Team PMI Kabupaten Kebumen. Sebanyak 20an relawan dari Komunitas Kebumen Mengajar dan relawan PMI Kebumen mengadakan kegiatan di SDN 4 Selogiri. Anak-anak begitu antusias menyambut kehadiran para relawan dari Komunitas Kebumen Mengajar yang hadir dengan wajah penuh semangat dan keceriaan dihadapan anak-anak SDN 4 Selogiri.
 
 
SDN 4 Selogiri Kecamatan Karanggayam merupakan salah satu sekolah yang berada tepat di perbatasan Kebumen – Banjarnegara. Jarak tempuh dari jantung kota Kebumen kurang lebih 40KM dengan waktu tempuh dengan menggunakan sepeda motor sekitar 90menit perjalanan normal.

 

 
Kondisi jalan tanah yang cukup licin dan terjal menjadikan jiwa muda mereka tertantang untuk sampai di lokasi. “sungguh luar biasa medan ke SDN 4 Selogiri” ungkap salah seorang relawan. Mereka sangat mengapresiasi para guru yang setiap hari menjalankan tugas dengan kondisi geografis seperti ini. Terlebih dari 7 Guru yang ada 4 orang adalah guru GTT yang dengan penuh keiklasan mendampingi anak-anak belajar di kelas. “semoga keberadaan GTT mendapatkan kesejahteraan dari pemerintah Kabupaten” ungkap beberapa relawan. 
Dewan guru juga Kepala Sekolah SDN 4 Selogiri juga sangat senang dan berterimakasih karena mereka telah berbagi ilmu dan keceriaan dengan anak-anak SDN 4 Selogiri. "Kami sangat senang dengan adanya kegiatan dari Komunitas Kebumen Mengajar, dan berharap kegiatan serupa bisa dilaksanakan kembali  di sekolah kami" Ungkap Kepala SDN 4 Selogiri, Bapak Mislam, S.Pd. 

(12 Feb 2018 , Karanggayam, Kebumen, Warso)